Senin, 10 Juni 2024

PT Rifan - Emas Lemas, Kemarin Harga Rontok 3,5%, Seminggu Turun 1,5%

PT RIFAN BANDUNG - Harga emas dunia anjlok pada perdagangan kemarin. Rilis data ketenagakerjaan Amerika Serikat (AS) jadi biang keladinya.

Harga emas dunia di pasar spot ditutup di US$ 2.393,16/troy ons. Anjlok 3,5% dari hari sebelumnya dan menjadi yang terendah sejak 30 April atau lebih dari sebulan terakhir.

Sepanjang minggu ini, harga emas terpangkas 1,5% secara point-to-point. Harga sang logam mulia sudah terkoreksi selama 3 pekan beruntun.

Malam tadi waktu Indonesia, Departemen Ketenagakerjaan AS mengumumkan data penciptaan lapangan kerja (non-farm payroll). Pada Mei, perekonomian AS menciptakan 272.000 non-farm payroll. Jauh di atas ekspektasi pasar yang memperkirakan di 185.000 dan bulan sebelumnya yang sebanyak 165.000.

Perkembangan ini menipiskan peluang penurunan suku bunga acuan oleh bank sentral Federal Reserve. Mengutip CME FedWatch, kemungkinan Federal Funds Rate turun 25 basis poin (bps) menjadi 5-5,25% pada September adalah 45%. Ini menjadi yang terendah dalam seminggu terakhir.

Emas adalah aset yang tidak memberikan imbal hasil. Memegang emas kurang menguntungkan dalam iklim suku bunga tinggi.

Analisis Teknikal

Setelah terpuruk pekan ini, bagaimana proyeksi harga emas untuk minggu depan? Apakah akan terjadi koreksi selama 4 minggu beruntun atau justru bisa bangkit?

Secara teknikal dengan perspektif mingguan (weekly time frame), emas terbenam di zona bearish. Terlihat dari Relative Strength Index (RSI) yang sebesar 26,71. RSI di bawah 50 menandakan suatu aset sedang berada di posisi bearish.

Sementara indikator Stochastic RSI menunjukkan angka 16,07. Sudah di bawah 20, yang berarti tergolong jenuh jual (oversold).

Dengan koreksi yang sudah lumayan dalam, harga emas berpeluang bangkit. Target resisten terdekat adalah US$ 2.300/troy ons. Jika tertembus, maka US$ 2.309/troy ons bisa menjadi target selanjutnya.

Adapun target support terdekat adalah US$ 2.283/troy ons. Penembusan di titik ini bisa membawa harga emas turun lagi menuju US$ 2.279/troy ons - PT RIFAN

Sumber : bloomberg

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar