Selasa, 04 Juni 2024

PT Rifan Financindo - Dolar AS Senin Turun Terendah 3 Minggu Setelah Data Manufaktur Lebih Lemah Dari Perkiraan

PT RIFAN FINANCINDO BANDUNG - Dolar AS jatuh ke level terendah dalam tiga minggu pada hari Senin setelah data manufaktur AS lebih lemah dari perkiraan, menunjukkan bahwa Federal Reserve berada di jalur yang tepat untuk mulai memangkas suku bunga tahun ini.

Dolar AS jatuh ke level terendah dua minggu terhadap yen setelah data tersebut dan terakhir turun 0,6% pada 156,245.

Euro naik 0,3% menjadi $1,0879, mendorong indeks dolar, yang mengukur nilai mata uang AS versus enam mata uang utama, turun 0,3% juga menjadi 104,24.

Indeks dolar AS sebelumnya turun ke level terendah tiga minggu di 104,22.

ISM AS menyatakan indeks manajer pembelian (PMI) untuk manufaktur turun menjadi 48,7 pada bulan Mei, dari 49,2 pada bulan April, juga turun dari level tertinggi dalam 18 bulan sebesar 50,3 yang terlihat pada bulan Maret.

Sektor manufaktur AS pada bulan Mei menyusut untuk kedelapan belas kalinya dalam sembilan belas bulan terakhir.

Penurunan ISM pada hari Senin terjadi menyusul melemahnya indeks PMI Chicago, Fed Dallas, indeks Fed Philadelphia, dan indeks manufaktur Empire State.

Belanja konstruksi AS juga turun secara tak terduga untuk bulan kedua berturut-turut di bulan April, turun sebesar 0,1% setelah penurunan 0,2% di bulan Maret, di tengah penurunan aktivitas non-perumahan.

Setelah data belanja ISM dan konstruksi, dana berjangka fed fund meningkatkan kemungkinan penurunan suku bunga pada bulan September menjadi sekitar 59,1%, menurut aplikasi probabilitas suku bunga LSEG, dibandingkan dengan sekitar 55% pada akhir Jumat. Itu sedikit di bawah 50% awal pekan lalu.

Dolar AS mencatat penurunan bulanan pertama tahun ini pada bulan Mei, terbebani oleh pergeseran ekspektasi mengenai kapan bank sentral AS akan menurunkan suku bunga dan seberapa besar penurunan tersebut. Pasar berjangka sepenuhnya memperkirakan satu kali penurunan suku bunga sebesar 25bps tahun ini.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, indeks dolar AS akan bergerak lemah dengan penurunan data ISM Manufacturing PMI AS bulan Mei di bawah perkiraan pasar. Untuk selanjutnya indeks dolar AS diperkirakan bergerak dalam kisaran Support 103,98-103,75. Namun jika naik, akan bergerak dalam kisaran Resistance 104,60-104,99 - PT RIFAN FINANCINDO

Sumber : vibiznews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar