Jumat, 28 Juni 2024

Rifan Financindo Berjangka - Harga Emas Kamis Naik Terbantu Pelemahan Dolar AS

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA BANDUNG - Harga emas berakhir naik pada hari Kamis dari level terendah dua minggu yang dicapai pada sesi sebelumnya, terbantu pelemahan dolar AS dan pasar fokus ke data PCE Price Index AS sebagai petunjuk apakah The Fed akan menurunkan suku bunga AS tahun ini.

Harga emas spot berakhir naik 1,29%, pada 2.327,90 per ons.

Harga emas berjangka AS ditutup 1% lebih tinggi pada $2.336,6 per ons.

Kenaikan harga emas dunia juga menguatkan harga emas antam hari ini.

Harga emas antam tanggal 28 Juni 2024 naik Rp10.000 menjadi Rp1.360.000 / gram.
Sedangkan harga buyback emas tanggal 28 Juni 2024 naik Rp15.000 menjadi Rp1.235.000 / gram.

Dolar AS melemah 0,2% terhadap sejumlah mata uang, sementara imbal hasil Treasury 10-tahun AS turun menjadi 4,2845%.

Pelemahan dolar AS dan imbal hasil Treasury AS terpicu data belanja peralatan bisnis menurun pada bulan Mei, sementara penurunan ekspor mendorong peningkatan defisit perdagangan barang. Dalam estimasi ketiga produk domestik bruto untuk kuartal Januari hingga Maret, pemerintah mengonfirmasi bahwa pertumbuhan ekonomi melambat tajam pada kuartal pertama.

Berdasarkan data FedWatch LSEG, sebagian besar investor tetap berpegang pada pandangan mereka mengenai dua kali penurunan suku bunga tahun ini, meskipun bank sentral AS hanya memproyeksikan satu kali penurunan suku bunga.

Data Indeks Harga Pengeluaran Konsumsi Pribadi (CPE), laporan inflasi utama dan ukuran inflasi pilihan The Fed, akan dirilis pada hari Jumat.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, harga emas akan mencermati pergerakan dolar AS yang jika melemah akan menguatkan harga emas. Juga jika data Core PCE Price Index terealisir turun, akan melemahkan dolar AS dan menguatkan harga emas. Harga emas spot diperkirakan bergerak dalam kisaran Support 2.307-2.286. Namun jika meningkat, akan bergerak dalam kisaran Resistance 2.339-2.350 - RIFAN FINANCINDO BERJANGKA

Sumber : vibiznews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar