Senin, 20 Mei 2024

PT Rifan - Harga Emas Cetak Rekor Tertinggi Sepanjang Masa

PT RIFAN BANDUNG - Harga emas dunia melesat pada perdagangan kemarin. Sepanjang pekan ini, harga sang logam mulia pun menghijau.

Harga emas dunia di pasar spot ditutup di US$ 2.4.14,25/troy ons. Naik 1,53% dari hari sebelumnya dan menjadi rekor tertinggi sepanjang masa.

Sepanjang minggu ini, harga emas naik 2,31% secara point-to-point. Selama sebulan ke belakang, harga bertambah 1,44%.

Tanda-tanda bahwa laju inflasi melambat meningkatkan prospek penurunan suku bunga acuan pada bulan-bulan mendatang. Ini menjadi katalis bagi harga emas, dan juga perak,” kata Frank Watson, Analis di Kinesis Money, seperti dikutip dari Bloomberg News. Pekan ini, US Bureau of Labor Statistics mengumumkan inflasi Negeri Adikuasa pada April berada di 0,3% dibandingkan bulan sebelumnya (month-to-month/mtm). Lebih rendah dibandingkan Maret yang sebesar 0,4%.

Kemudian inflasi tahunan (year-on-year/yoy) pada April tercatat 3,4%. Juga melambat ketimbang Maret yang 3,5% yoy.

Lalu inflasi inti tahunan ada di 3,6% yoy. Lebih rendah dibandingkan Maret yang sebesar 3,8% yoy sekaligus jadi yang terendah sejak April 2021 atau 3 tahun terakhir.

“Data ini bisa menjadi indikasi bahwa tekanan inflasi akan mereda dan The Fed (Federal Reserve, Bank Sentral AS) bisa menurunkan suku bunga acuan,” tegas Phillip Streble, Chief Market Strategist di Blue Line Futures, seperti diberitakan Bloomberg News.

Penurunan suku bunga akan menjadi kabar baik bagi emas, yang berstatus sebagai aset tanpa imbal hasil (non-yielding asset). Memegang emas lebih menguntungkan dalam iklim suku bunga rendah.

Analisis Teknikal yang Sebbakan Emas Cetak Rekor Sepanjang Masa

Setelah naik minggu ini, bagaimanakah proyeksi harga emas untuk pekan depan? Apakah masih kuat menanjak?

Secara teknikal dengan perspektif mingguan (weekly time frame), emas sudah masuk zona bullish. Terlihat dari Relative Strength Index (RSI) yang sebesar 73,32.

RSI di atas 50 menandakan suatu aset sedang dalam posisi bullish. Namun perlu diingat, RSI di atas 70 juga merupakan sinyal jenuh beli (overbought).

Oleh karena itu, sepertinya harga emas akan memasuki fase konsolidasi. Target support terdekat adalah US$ 2.408/troy ons. Jika tertembus, maka US$ 2.395/troy ons.

Sementara target resisten terdekat ada di US$ 2.419/troy ons. Penembusan di titik ini bisa membawa harga emas naik menuju US$ 2.426/troy ons - PT RIFAN

Sumber : bloomberg

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar