Senin, 27 Mei 2024

PT Rifan - Harga Emas Naik Dari Terendah 2 Pekan, Secara Mingguan Tertekan Setelah 2 Pekan Sebelumnya Kuat

PT RIFAN BANDUNG - Pergerakan harga emas pada perdagangan sesi Amerika hari Jumat 24 Mei 2024 bangkit dari kisaran terendah dalam 2 pekan lebih.

Harga emas spot pada perdagangan sesi Amerika terpantau naik 0,24% ke $2337,34 setelah sebelumnya turun ke $2325.60, namun untuk harga emas comex kontrak bulan Juni 2024 bergerak positif dengan naik 0,12% ke $2340,00.

Kenaikan harga emas yang terbatas ini disebabkan oleh koreksi dolar AS di pasar Eropa setelah rally 4 hari berturut.

Secara mingguan harga emas bersiap untuk penurunan mingguan pertama dalam 3 pekan, karena investor mengurangi ekspektasi penurunan suku bunga Fed menyusul rilis ekonomi AS yang optimis baru-baru ini.

Sebelumnya harga emas anjlok cukup signifikan setelah rilis data flash PMI untuk bisnis jasa dan manufaktur meningkat, diperberat oleh data klaim pengangguran AS yang lebih sedikit dari perkiraan.

Sentimen negatif semakin solid ketika risalah rapat The Fed pada bulan Mei mengindikasikan kecenderungan pejabat The Fed untuk menaikkan suku bunga jika pertumbuhan harga terus berlanjut.

Suku bunga yang lebih tinggi menurunkan daya tarik emas, namun meningkatnya tekanan harga meningkatkan daya tariknya sebagai lindung nilai terhadap inflasi.

Untuk pergerakan selanjutnya, harga emas diperkirakan masih lemah secara teknikal, kini harga turun ke posisi rendahnya $2325,30 dan jika tembus dapat meluncur menuju posisi support kuat di $2309,05.

Namun jika ada sentimen positif, akan mendaki ke kisaran pivot $2347,31 dan jika tembus dapat naik ke resisten kuat di $2365,44 - PT RIFAN

Sumber : vibiznews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar