Selasa, 01 Desember 2020

PT Rifan Financindo - Harga Emas Naik, Pasar Fokus Kesaksian Ketua Fed


PT RIFAN FINANCINDO BANDUNG - Harga emas naik pada hari Selasa setelah ditutup melemah dalam perdagangan di bulan November.

Harga emas berjangka naik 0,41% ke $1.788,25 per ons pukul 13.39 WIB dan XAU/USD menguat 0,49% di $1.785,80 menurut data Investing.com.

Harga emas ditutup anjlok nyaris 6% pada bulan November. Investor menjual aset safe-haven dan mengalihkannya ke investasi berisiko seperti saham-saham dan dana yang diperdagangkan di bursa (ETF).

Investor sekarang tampaknya kurang fokus terhadap lonjakan kasus baru covid-19 di seluruh dunia atau tindakan pembatasan baru di berbagai negara seperti London, Hong Kong dan Toronto dan, sebaliknya, lebih memperhatikan kemungkinan persetujuan atas beberapa vaksin covid-19 dalam beberapa minggu mendatang.

Investor emas juga memantau kesaksian dari Ketua Federal Reserve AS Jerome Powell dan Menteri Keuangan AS Steve Mnuchin di hadapan Komite Perbankan Senat, keduanya mengatakan ekonomi AS tengah menuju pemulihan tetapi akan membutuhkan bantuan.

Mnuchin meminta Kongres AS untuk menggunakan UU CARES, senilai $455 miliar, agar bisa menerapkan paket stimulus guna memberikan dorongan ekonomi. Powell, sebaliknya, merujuk pada pertumbuhan ekonomi moderat sebagai fokus pemerintahan.

Investor aset berisiko kemungkinan juga telah mengambil beberapa petunjuk dari indeks manajer pembelian (PMI) China untuk November, yang dirilis di 52,1 pada November, naik dari 51,4 pada Oktober, Biro Statistik Nasional China mengatakan pada hari Senin - PT RIFAN FINANCINDO

Sumber :  investing.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar