Senin, 06 Maret 2023

PT Rifan - Bursa Saham Eropa Menguat, Data PMI Jasa Akhir Jadi Fokus

PT RIFAN BANDUNG - Bursa saham Eropa akan dibuka naik pada hari Jumat, didorong oleh penguatan di sesi Asia dan di Wall Street semalam menjelang rilis data aktivitas jasa zona euro.

Pukul 14.00 WIB, DAX futures Jerman menguat 0,3%, CAC 40 futures Prancis sebagian besar tidak berubah, sementara kontrak FTSE 100 futures di Inggris naik 0,3%.

Saham-saham di Eropa akan menyusul kenaikan di Asia sebelumnya, setelah data menunjukkan aktivitas di sektor jasa China tumbuh lebih baik dalam enam bulan di Februari, yang menyiratkan pemulihan kuat sedang berlangsung dengan baik di pasar ekspor yang penting bagi perusahaan-perusahaan Eropa ini.

Caixin/S&P Global services purchasing managers' index naik menjadi 55,0 di bulan Februari dari 52,9 di bulan Januari, tatkala sektor ini berekspansi dalam dua bulan setelah pemerintah mengakhiri pembatasan mobilitas yang parah untuk memerangi penyebaran COVID.

Data PMI jasa final untuk negara-negara terbesar zona euro, dan juga AS, dijadwalkan akan terbit pada sesi ini, dan diperkirakan akan menyiratkan ekspansi di sektor ini.

Menambah sentimen positif di Eropa yakni penutupan positif di Wall Street pada Kamis, usai para investor menyambut baik komentar dari Presiden Federal Reserve Atlanta Raphael Bostic.

Bostic mengatakan bahwa ia mendukung langkah yang "lambat dan stabil" sebagai tindakan yang tepat untuk the Fed atas kenaikan suku bunga 25 basis poin bulan ini, daripada kenaikan 50 bps yang disarankan oleh beberapa rekannya.

Kembali ke Eropa, pasar telah sepenuhnya memperhitungkan kenaikan 50 basis poin oleh European Central Bank dalam waktu dua minggu, dan Presiden ECB Christine Lagarde mengatakan pada hari Kamis bahwa lebih banyak kenaikan suku bunga mungkin diperlukan untuk memerangi inflasi yang masih berada pada tingkat yang sangat tinggi.

Morgan Stanley mengatakan pada hari Jumat bahwa European Central Bank akan menaikkan suku bunga acuan menjadi 4% sebelum berhenti, dari 3% saat ini.

Di sektor korporat, Lufthansa (ETR:LHAG) melaporkan profit operasional setahun penuh, membalikkan kerugian tahun sebelumnya, dengan peningkatan permintaan perjalanan yang sehat sehingga maskapai penerbangan Jerman ini berhasil membukukan "hasil yang jelas positif" pada tahun 2022 meskipun ada inflasi dan harga bahan bakar yang tinggi.

Laba perusahaan dari perusahaan penerbit Pearson (LON:PSON) dan perusahaan teknik IMI (LON:IMI) juga dijadwalkan akan hadir.

Harga minyak turun pada hari Jumat, tetapi bersiap untuk mengantongi kenaikan mingguan dari optimisme pemulihan permintaan bahan bakar China, negara importir minyak terbesar di dunia, melebihi kekhawatiran akan peningkatan stok AS serta kemungkinan pengetatan kebijakan moneter.

Pukul 14.00 WIB, minyak WTI turun 0,2% di $77,99 per barel, dan minyak Brent turun 0,2% menjadi $84,57.

Brent telah naik lebih 2% sepanjang minggu ini, menuju kenaikan minggu kedua berturut-turut, sementara WTI telah melonjak sekitar 2%, rebound dari penurunan kecil pada minggu sebelumnya.

Selain itu, emas berjangka naik 0,5% di $1.849,35/oz, sementara EUR/USD naik 0,2% di 1,0621 - PT RIFAN

Sumber : investing.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar