Selasa, 02 April 2024

PT Rifan Financindo - EUR/USD Turun Ke Bawah 1.0750 Setelah Data AS

 

PT RIFAN FINANCINDO BANDUNG - EUR/USD berada di bawah tekanan bearish yang baru dan jatuh di bawah level terendah sejak pertengahan bulan Februari di bawah 1.0750 di sekitar 1.0740 karena menguatnya dolar AS. Indeks dolar AS naik 0.40% ke 104.750.

Indeks dolar AS mengambil keuntungan dari keluarnya data makro ekonomi AS, Purchasing Manager Index (PMI) yang bagus sehingga membebani pasangan matauang EUR/USD.

The Institute for Supply Management (ISM) pada hari Senin mengatakan bahwa Purchasing Manager Index (PMI) AS bulan Maret naik ke 50.3, dibandingkan dengan angka pada bulan Februari di 47.8. Angka ini juga lebih kuat daripada yang diperkirakan dengan para ekonom memperkirakan angka PMI AS bulan Maret hanya membaik sedikit ke 48.5%.

Sektor manufaktur AS bergerak ke teritori ekspansi untuk pertama kalinya sejak September 2022. Permintaan positip, produksi menguat dan bahan mentah tetap akomodatip.

Dolar AS juga menguat setelah pembukaan pasar saham AS, Wall Street, yang saham – sahamnya berjatuhan.

Para investor kelihatannya sekarang percaya bahwa Federal Reserve AS (the Fed) akan mulai menurunkan tingkat bunganya pada bulan Juni. Pertaruhan ini diteguhkan oleh keluarnya angka Personal Consumption Expenditures (PCE) AS pada hari Jumat minggu lalu.

Pada hari Jumat minggu lalu, Departeman Perdagangan AS melaporkan bahwa PCE inti AS bulan Februari naik 0.3%. Angka ini sesuai dengan yang diperkirakan para ekonom. Namun sebagai tanda bahwa tekanan inflasi belum pergi, laporan tersebut juga mencatat revisi naik dari inflasi bulan Januari dengan inflasi inti naik sebesar 0.5%.

Hal ini, bersamaan dengan resiko geopolitik yang muncul dari perang Rusia melawan Ukraina dan konflik di Timur Tengah telah ikut membebani pasangan matauang EUR/USD.

Komentar yang hawkish dari para pejabat European Central Bank (ECB), tidak membantu Euro. Gubernur bank sentral Austria Robert Holzmann mengatakan pada hari Senin, bahwa ECB bisa menurunkan tingkat bunganya sebelum penurunan tingkat bunga oleh the Fed.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di 1.0725 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.0695 dan kemudian 1.0660. “Resistance” terdekat menunggu di 1.0770  yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.0805 dan kemudian 1.0840 - PT RIFAN FINANCINDO

Sumber : vibiznews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar