Jumat, 05 April 2024

Rifan Financindo Berjangka - Harga Emas Capai Rekor Tertinggi Dekati $2,300

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA BANDUNG - Harga emas naik di perdagangan Asia pada hari Rabu, tetap berada di dekat rekor tertinggi di tengah meningkatnya permintaan safe haven setelah gempa bumi dahsyat di Taiwan, sementara ketidakpastian suku bunga AS juga mendorong permintaan emas.

Aksi jual yang luas di pasar saham, karena selera risiko memburuk, juga mendorong permintaan emas, bahkan ketika dolar dan imbal hasil Treasury AS melonjak menyusul komentar hawkish dari pejabat tinggi Federal Reserve.

Risk appetite mendapat pukulan baru pada hari Rabu setelah gempa bumi di Taiwan menghancurkan infrastruktur pulau itu dan pabrik-pabrik pembuat chip utamanya, sementara juga memicu peringatan Tsunami di beberapa bagian Jepang.

Spot gold naik 0,3% menjadi $ 2.286,40 per ounce, masih berada di dekat rekor tertinggi $ 2.288,43 yang dicapai pada hari Selasa, sementara gold futures yang akan jatuh tempo pada bulan Juni naik 1,1% menjadi $ 2.306,25 per ounce dan sedikit di bawah level tertinggi sepanjang masa di $ 2.308,85 per ounce pada pukul 00.47 ET (04.47 GMT).

Logam mulia ini semakin terdorong oleh dollar yang turun dari level tertinggi 4½ bulan pada hari Rabu.

Harga emas tetap berada di kisaran $2.300 meskipun ada tekanan dari Fed

Meningkatnya permintaan safe haven membantu harga emas sebagian besar menguat melewati peningkatan kekhawatiran akan kenaikan suku bunga AS yang lebih tinggi.

Beberapa pejabat Fed mengatakan dalam pidato terpisah bahwa inflasi yang tinggi dan kekuatan di pasar tenaga kerja berpotensi menunda rencana Fed untuk menurunkan suku bunga.

Komentar mereka muncul hanya beberapa hari sebelum data utama penggajian non-pertanian untuk bulan Maret, yang akan dirilis pada hari Jumat ini. Data ini secara konsisten mengalahkan ekspektasi dalam beberapa bulan terakhir, di tengah kekuatan yang terus-menerus di pasar tenaga kerja AS.

Logam mulia lainnya juga diuntungkan oleh peningkatan permintaan safe haven dan pelemahan dolar. Platinum futures naik 0,3% menjadi $940,05 per ons, sementara silver futures naik 2,2% menjadi $26,480 per ons - RIFAN FINANCINDO BERJANGKA

Sumber : investing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar