Senin, 01 April 2024

PT Rifan - Harga Emas Sedang Menjulang Tinggi Ke Rekor Termahal Sepanjang Masa

PT RIFAN BANDUNG - Harga emas dunia sedang menjulang tinggi ke posisi rekor termahal sepanjang masa pada perdagangan komoditas sesi Eropa hari Jumat.

Harga emas berada pada level tertinggi sepanjang masa pada $2230 per troy ounce di tengah spekulasi bahwa bank-bank sentral utama akan beralih ke penurunan suku bunga tahun ini.

Sementara itu meningkatnya ketegangan geopolitik meningkatkan permintaan safe-haven untuk emas batangan. Dan sepanjang bulan Maret harga emas naik lebih dari 9% di bulan Maret.

Di Amerika Serikat, Federal Reserve mempertahankan prospek penurunan suku bunga sebanyak tiga kali tahun ini meskipun terdapat data inflasi yang tinggi.

Di Eropa, Swiss National Bank secara mengejutkan melakukan penurunan suku bunga pada pertemuan bulan Maret, sehingga memicu spekulasi bahwa bank sentral besar lainnya juga akan melakukan hal yang sama.

Di kawasan Asia, Bank of Japan mengakhiri kebijakan suku bunga negatifnya, namun diperkirakan akan mempertahankan sikap akomodatif untuk beberapa waktu.

Di kawasan lain, investor terus melakukan lindung nilai terhadap ketidakstabilan geopolitik di Eropa Timur dan Timur Tengah dengan komoditas emas.

Harga emas spot kini berada di kisaran 2232,38 atau naik 1,75%, untuk harga emas comex kontrak berjangka bulan Juni 2024 naik 1,90% menjadi 2254,80.

Secara teknikal harga emas sudah menembus 3 posisi resisten hariannya dan berpotensi mendaki ke resisten selanjutnya di kisaran 2240,30 – 2243,40.

Namun jika terjadi pergerakan sebaliknya, harga akan turun menuju pembukaan 2194,46 dan jika tembus akan meluncur ke support kuat hariannya di 2179,43 - PT RIFAN

Sumber : vibiznews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar