Jumat, 13 Januari 2023

Rifan Financindo Berjangka - Bursa Saham Eropa Naik Tipis, PDB Inggris November Tumbuh 0,1%

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA BANDUNG - Bursa saham Eropa diperkirakan akan dibuka sedikit naik pada hari Jumat dan investor fokus rilis data ekonomi penting, termasuk data pertumbuhan Inggris untuk bulan November, serta laporan laba dari sektor perbankan AS.

Pukul 14.00 WIB, DAX futures Jerman naik 0,1%, CAC 40 futures di Perancis naik 0,2%, sementara FTSE 100 futures Inggris naik 0,1%.

Ekuitas Eropa ditutup menguat pada hari Kamis, melanjutkan awal yang positif di tahun baru, dibantu oleh data Inflasi AS yang menunjukkan bahwa kenaikan suku bunga agresif Fed memiliki dampak yang diinginkan. Ini mengindikasikan bahwa bank sentral AS dapat memperlambat kenaikan suku bunga lebih lanjut pada awal Februari.

Optimisme pun tumbuh bahwa perlambatan yang diantisipasi luas di zona euro pada tahun 2023 mungkin tidak separah yang dikhawatirkan pertama kali, dibantu oleh meningkatnya optimisme atas pemulihan ekonomi di China, setelah ekonomi terbesar kedua di dunia, dan pasar ekspor utama untuk perusahaan-perusahaan Eropa, membuka kembali perbatasan internasionalnya untuk pertama kali dalam tiga tahun.

Meskipun demikian, jelas bahwa ekonomi global belum keluar dari masalah.

Bank Dunia awal pekan ini memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi global menjadi hanya 1,7% tahun ini, setelah memperkirakan Juni lalu bahwa ekonomi global akan tumbuh sebesar 3%.

Data yang dirilis sebelumnya pada hari Jumat menunjukkan bahwa produk domestik bruto Inggris naik 0,1% sebulan di bulan November, hasil yang lebih baik dari yang diperkirakan, tetapi produksi industri turun 0,2% dan produksi manufaktur menurun 0,5%.

Ada lebih banyak data untuk dicerna yang dijadwalkan nanti di sesi ini, yaitu angka inflasi konsumen final Prancis dan Spanyol bulan Desember serta produksi industri untuk zona euro di bulan November.

Di sektor korporasi, Vodafone (LON:VOD) kemungkinan akan menjadi sorotan setelah Financial Times melaporkan bahwa raksasa telekomunikasi ini berencana memangkas beberapa ratus pekerjaan, yang sebagian besar akan berada di markas besarnya di London, untuk mengendalikan biaya pengeluaran.

Di AS, pendapatan kuartalan akan hadir dari raksasa perbankan, Bank of America (NYSE:BAC), Citigroup (NYSE:C), JPMorgan (NYSE:JPM) dan Wells Fargo (NYSE:WFC). Para investor akan sangat ingin mendengar pemikiran mereka tentang kemungkinan resesi tahun ini dan bagaimana hal itu akan mempengaruhi belanja konsumen.

Harga minyak turun pada hari Jumat, tetapi tetap berada di jalur untuk mencatat kenaikan mingguan yang solid seiring meningkatnya kepercayaan bahwa pembukaan kembali China akan mendorong lonjakan permintaan dari negara importir terbesar di dunia tahun ini.

Pasar minyak mentah juga menerima bantuan pada hari Kamis dari rilis indeks harga konsumen AS yang lemah, yang bisa mengisyaratkan prospek langkah kebijakan Federal Reserve yang kurang hawkish, membebani dolar AS.

Pukul 14.00 WIB, minyak WTI turun 0,1% di $78,30 per barel, sementara kontrak Brent turun 0,2% ke $83,83. Kedua kontrak telah naik lebih dari 6% sepanjang minggu ini.

Selain itu, emas berjangka naik ke $1.899,15/oz, dan EUR/USD diperdagangkan datar di 1.0846 - RIFAN FINANCINDO BERJANGKA

Sumber : investing.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar