Senin, 18 September 2023

PT Rifan - Emas Naik Karena Resiko Naiknya Inflasi Memudar

PT RIFAN BANDUNG - Harga emas pada jam perdagangan sesi AS hari Jumat minggu lalu berhasil naik ke atas $1,920 ditutup di $1,923 per troy ons.

Kenaikan harga emas disebabkan karena para investor melihat tidak akan ada kenaikan tingkat bunga lagi oleh Federal Reserve AS (the Fed) untuk sisa tahun 2023 dengan resiko naiknya inflasi telah memudar.

The Fed kelihatannya telah selesai dengan siklus kenaikan tingkat bunganya yang agresif dengan tidak adanya indikator ekonomi yang mendukung resiko kenaikan inflasi lebih lanjut.

Naiknya harga emas juga didukung oleh koreksi terhadap dolar AS yang melemah setelah keluarnya data ekonomi Penjualan Ritel dan Produksi Industri Cina yang kuat pada bulan Agustus. Indeks dolar AS turun 0.06% ke 104.990.

Sementara itu, Penjualan Ritel AS juga naik tajam pada bulan Agustus dengan “service stations” menerima penghasilan lebih tinggi karena naiknya harga gasoline.

Meskipun demikian, dampak dari naiknya harga minyak mentah terhadap angka inflasi Consumer Price Index (CPI) AS diperkirakan akan tetap terbatas.

Hal ini akan membuat para pembuat kebijakan di Federal Reserve AS terdorong untuk tetap mempertahankan tingkat bunga tidak berubah dalam keputusan pada minggu ini.

Biro Sensus AS pada hari Kamis melaporkan bahwa Penjualan Ritel bulanan AS berkembang dengan kecepatan sebesar 0.6% pada bulan Agustus dibandingkan dengan angka bulan Juli sebesar 0.5%. Sementara para investor mengantisipasikan kecepatan pertumbuhan melambat ke 0.2%.

Support & Resistance

Support” terdekat menunggu di $1,905 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,900 dan kemudian $1,885.

Resistance” terdekat menunggu di $1,917 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,921 dan kemudian $1,932 - PT RIFAN

Sumber : vibiznews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar