Jumat, 17 November 2023

Rifan Financindo Berjangka - Emas Naik Kembali Ke Ketinggian Mingguan

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA BANDUNG - Harga emas kembali naik ke atas $1,980 diperdagangkan di sekitar $1,987 per troy ons, mengetes ketinggian mingguan pada jam perdagangan sesi AS hari Kamis.

Yields obligasi treasury AS turun karena ketidakpastian mengenai outlook tingkat bunga dari Federal Reserve AS (the Fed), dan ditambah lagi dengan lemahnya data Jobless Claims mingguan AS yang keluar.

Pasar emas mengalami rally setelah keluarnya data employment AS terbaru yang menunjukkan lemahnya pasar tenaga kerja AS secara mengejutkan.

Pada hari Kamis, Departemen Tenaga Kerja AS mengatakan bahwa klaim pengangguran mingguan AS naik sebesar 13.000 ke 231.000, naik dari revisi turun minggu sebelumnya di 218.000.

Angka ini adalah angka tertinggi sejak bulan Agustus dan juga jauh di atas daripada yang diperkirakan dimana perkiraan konsensus berada di 220.000.

Federal Reserve AS mengatakan bahwa pasar tenaga kerja AS perlu melemah sebelum the Fed mulai melihat kepada potensi pemotongan tingkat bunga.

Kenaikan harga emas juga ditopang oleh berbalik melemahnya dolar AS dengan indeks dolar AS berbalik turun 0.10% ke 104.157.

Investor berbalik menjadi enggan terhadap resiko pada jam perdagangan sesi Asia hari Kamis setelah keprihatinan mengenai pasar properti Cina naik kembali ke permukaan setelah keluarnya data Fixed Asset Investment Cina yang mengecewakan.

Namun faktor utama yang membuat pasar menjadi enggan terhadap resiko adalah ketidakpastian mengenai outlook tingkat bunga dari the Fed.

Pasar memperkirakan bahwa the Fed akan mulai menurunkan tingkat bunganya pada paruh kedua dari tahun 2024 setelah data inflasi Consumer Price Index (CPI) AS bulan Oktober muncul lebih lemah daripada yang diperkirakan.

Namun apabila para pembuat kebijakan di Federal Reserve AS menentang ekspektasi ini dan meyakinkan para investor bahwa mereka bisa menahan tingkat bunga yang tinggi untuk waktu yang lebih lama, dolar AS akan bisa mendapatkan permintaan yang baru sehingga membuat emas sulit memperoleh daya tariknya kembali.

Support & Resistance

Support terdekat menunggu di $1,950 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,933 dan kemudian $1,923.

Resistance terdekat menunggu di $1,990 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $2,000 dan kemudian $2,010 - RIFAN FINANCINDO BERJANGKA

Sumber : vibiznews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar