Senin, 20 Februari 2023

PT Rifan - Emas Tertekan Karena Kekuatiran Hawkishnya Para Bank Sentral

PT RIFAN BANDUNG - Mengakhiri perdagangan pada minggu lalu, emas turun untuk minggu ke empat berturut-turut dengan pasar kuatir akan ke agresifan Federal Reserve dalam menangani inflasi untuk turun ke 2%. Pasar juga terpukul oleh munculnya data – data makro ekonomi yang lebih kuat daripada yang diperkirakan dan angka inflasi yang tetap tinggi pada minggu lalu.

Pada hari Kamis minggu lalu, emas terpukul turun ke kerendahan selama enam minggu karena munculnya laporan inflasi dari Producer Price Index yang panas. Sekarang pasar menjadi kuatir Federal Reserve akan menjadi hawkish secara agresif untuk waktu yang lebih lama. Para trader emas menganggap hal ini sebagai faktor bearish untuk prospek permintaan global karena para bank sentral memperketat kebijakan moneter mereka untuk memperlambat pertumbuhan ekonomi dalam usaha menurunkan inflasi.

Emas berjangka kontrak bulan April turun $6.80 ke $1,842.30 per ons. Perak berjangka Nymex bulan Maret turun $0.34 ke $21.37 per ons.

Pasar saham global kebanyakan turun dalam perdagangan semalam. Indeks saham AS mengarah turun pada saat pembukaan perdagangan sesi New York dimulai. Keengganan terhadap resiko dari para trader dan investor meningkat pada akhir minggu perdagangan yang lalu.

Hal kunci di luar pasar emas adalah naiknya dengan solid indeks dollar AS dan menyentuh ke ketinggian lima minggu di 103.885 dalam perdagangan semalam. Sementara harga minyak mentah berjangka Nymex turun solid dan diperdagangkan di sekitar $76.00 per barel pada hari Jumat minggu lalu.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di $1,836 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,827 dan kemudian $1,820.

“Resistance” terdekat menunggu di $1,854 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,870 dan kemudian $1,881 - PT RIFAN

Sumber : vibiznews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar