Senin, 06 Februari 2023

PT Rifan - Harga Emas Akhir Pekan Melemah Tajam, Terendah Lebih Tiga Minggu

PT RIFAN BANDUNG - Harga emas turun pada akhir pekan hari Jumat ke level terendah lebih dari tiga minggu setelah data pekerjaan AS yang lebih kuat dari perkiraan menimbulkan kekhawatiran bahwa Federal Reserve dapat terus menaikkan suku bunga.

Emas spot turun 2,5% menjadi $1.864,79 per ons.
Emas berada di jalur penurunan mingguan terbesar sejak awal Oktober.

Emas berjangka AS turun 2,7% menjadi $1.878,10.

Pertumbuhan pekerjaan AS meningkat tajam pada bulan Januari, dengan 517.000 posisi ditambahkan, hampir dua kali lipat kenaikan pada bulan Desember. Tingkat pengangguran mencapai lebih dari level terendah 53-1/2 tahun sebesar 3,4%, menunjuk ke pasar tenaga kerja yang terus-menerus ketat.

Analis mengatakan data ini akan menambah dukungan pada argumen bahwa Fed mungkin harus tetap sedikit lebih agresif ke depannya.

Dolar AS melonjak 0,9%, mencapai tertinggi tiga minggu di awal sesi, membuat emas menjadi kurang menarik. Imbal hasil surat utang negara 10 tahun juga naik.

Awal pekan ini, bank sentral AS memberikan kenaikan suku bunga seperempat poin persentase setelah satu tahun kenaikan yang lebih besar dan Ketua Fed Jerome Powell memperingatkan pengetatan kebijakan moneter lebih lanjut.

Emas sangat sensitif terhadap kenaikan suku bunga AS, karena meningkatkan biaya peluang memegang emas batangan yang tidak memberikan imbal hasil.

Perkiraan pedagang untuk kenaikan suku bunga 25 basis poin pada pertemuan Fed bulan Maret meningkat setelah data hari Jumat, sementara suku bunga acuan bank sentral AS terlihat memuncak pada 4,95% pada bulan Juni dibandingkan dengan 4,91% sebelumnya.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, harga emas masih akan dibayangi kekhawatiran kenaikan suku bunga agresif berikutnya seiring data pekerjaan AS akhir pekan yang menguat. Juga akan mencermati pergerakan dolar AS, yang jika terus meningkat, akan menekan harga emas - PT RIFAN

Sumber : vibiznews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar