Selasa, 20 Juni 2023

PT Rifan Financindo - Bursa Eropa Senin Merosot Mencermati Prospek Ekonomi

PT RIFAN FINANCINDO BANDUNG - Dolar AS bergerak kuat pada hari Senin karena investor mencoba menilai jalur kebijakan moneter ke depan setelah serangkaian pertemuan bank sentral minggu lalu, sementara yen rapuh setelah Bank of Japan berpegang teguh pada kebijakan ultra-longgarnya.

Indeks dolar, yang mengukur mata uang AS terhadap enam rival utama, naik 0,26% menjadi 102,50, tidak jauh dari level terendah satu bulan di 102 yang disentuh pada hari Jumat. Pasar A.S. tutup pada hari Senin untuk liburan.

Dalam minggu penuh aksi keputusan bank sentral, Federal Reserve mempertahankan suku bunga tidak berubah pada hari Rabu tetapi mengisyaratkan bahwa kenaikan lebih lanjut sedang dalam perjalanan untuk menjinakkan inflasi.

Bank Sentral Eropa menaikkan suku bunga sebesar 25 basis poin pada hari Kamis dan membiarkan pintu terbuka untuk kenaikan lebih lanjut, dengan Bank of Japan menutup minggu ini dengan mempertahankan kebijakannya yang sangat mudah.

Namun, investor mengharapkan bank sentral menyelesaikan pengetatannya pada bulan Juli.

Pasar menghargai probabilitas 72% dari kenaikan Fed sebesar 25 basis poin bulan depan, alat CME FedWatch menunjukkan, dan berhenti setelah itu.

Fokus investor minggu ini akan tertuju pada kesaksian Ketua Fed Jerome Powell akhir pekan ini kepada Kongres.

Pejabat Fed juga memberikan nada hawkish sejak pertemuan tersebut.

Seperti yang diperkirakan secara luas, BOJ pada hari Jumat mempertahankan target suku bunga jangka pendek -0,1% dan batas 0% pada imbal hasil obligasi 10-tahun yang ditetapkan di bawah kebijakan kontrol kurva imbal hasil, mendorong yen lebih rendah secara luas.

Pada hari Senin, yen menyentuh level terendah tujuh bulan di 141,98 per dolar, setelah turun 1% pada hari Jumat. Yen juga menyentuh level terendah baru 15 tahun terhadap euro dari 155,32.

Sementara itu, euro naik 0,01% menjadi $1,0934, melayang di dekat puncak satu bulan.

Sterling terakhir di $1,2817, datar pada hari itu - PT RIFAN FINANCINDO

Sumber : vibiznews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar