Senin, 20 April 2020

PT Rifan - IHSG Masih Di Bawah Tekanan Covid-19 Sepekan Ini


PT RIFAN BANDUNG - Dalam risetnya hari ini, Valbury Sekuritas Indonesia mengatakan pergerakan IHSG dalam pekan ini diperkirakan bergerak mixed dengan peluang melemah. Ketidakpastian dari Covid-19 tetap berpengaruh bagi pasar global dan juga dampaknya bagi saham yang diperdagangan Bursa Efek Indonesia pada pekan ini.

Dampak dari wabah Covid-19 diperkirakan berpengaruh besar terhadap ketenagakerjaan nasional, Menteri Keuangan Sri Mulyani, memprediksikan jumlah pengangguran dan angka kemiskinan di Indonesia akan mengalami kenaikan.

Angka kemiskinan Indonesia akan meningkat, dalam skenario berat naik 1,1 juta orang atau dalam skenario lebih berat akan menghadapi tambahan kemiskinan 3,78 juta orang. Demikian dengan angka pengangguran juga tentunya mengalami kenaikan. Angka pengangguran yang selama ini sudah menurun dalam lima tahun terakhir, juga kemungkinan akan mengalami kenaikan.

Dalam skenario buruk saja, angka pengangguran akan bertambah 2,9 juta. Dan ketika masuk dalam skenario sangat buruk diprediksi mencapai 5,2 juta jumlah pengangguran baru di Indonesia. 

Catatan dari Bank Indonesia, merebaknya pandemi Covid-19 telah mendorong ke luarnya investasi portfolio (capital outflows) dari Indonesia dalam jumlah besar dan memberi tekanan pelemahan nilai tukar rupiah. Aliran investasi portofolio total yang masuk sebesar Rp22,9 triliun dalam periode 1-19 Januari 2020 kemudian ke luar dalam jumlah yang besar sejak merebaknya pandemi Covid-19, yaitu Rp171,6 triliun secara neto dalam periode 20 Januari sd 1 April 2020.

Sebagian besar capital outflows dari SBN, yaitu sebesar Rp157,4 triliun, dan dari saham sebesar Rp13,3 triliun. Kebijakan pemerintah yang memutuskan melakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta, dan sejumlah daerah lain, diakui atau tidak, telah berdampak kontraproduktif terhadap dinamika aktivitas ekonomi dan keuangan.

Sektor terdampak pertama akibat wabah Covid-19 ialah sektor pariwisata, seperti travel, hotel, restoran, penerbangan, dan UMKM terkait. Selain itu, perdagangan ekspor dan impor karena terputusnya mata rantai perdagangan internasional. Siiring dengan perkembangannya dalam tempo yang cepat berbagai aktivitas ekonomi dan keuangan dapat terdampak.

Di tengah Covid-19 yang menhantui AS, Presiden Donald Trump, mengancam akan membubarkan Kongres. Ancaman Trump ini disampaikan karena calon pejabat yang dinominasikan Trump selalu digagalkan politisi Demokrat di Senat. Trump menuding politisi Demokrat di Senat telah menjegal nominasi bagi sejumlah pejabat di pemerintahan yang penunjukkannya membutuhkan audisensi dan konfirmasi dari Senat - PT RIFAN

Sumber : beritasatu.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar