Senin, 14 Agustus 2023

PT Rifan - Emas Berjangka, Investasi Modern Yang Lebih Mudah Dan Fleksibel

 

PT RIFAN BANDUNG - Sebagai alternatif, tersedia jalur investasi yang lebih modern dan fleksibel, yaitu emas berjangka. Investasi di emas berjangka kini semakin populer di tengah masyarakat.

Berbeda dengan emas batangan, investasi emas di bursa berjangka (kode perdagangan: XAU) tidak dalam bentuk fisik, melainkan kontrak perdagangan yang mengacu pada pergerakan harga di bursa dunia.

Salah satu kelebihan investasi emas berjangka adalah bisa dilakukan secara online melalui platform trading. Dengan sistem online, investor bisa bertransaksi di mana saja dan kapan saja. 

Karena bersifat kontrak dan bukan fisik, kelebihan lainnya adalah tipe transaksi yang dua arah, yaitu beli maupun jual. Hal ini akan selalu membuat adanya ketersediaan peluang keuntungan yang dapat Anda manfaatkan baik ketika harga sedang naik maupun turun.

Investasi ini juga bisa dilakukan dengan modal yang relatif lebih rendah dibandingkan dengan fisik.

Dalam dunia berjangka, ada istilah leverage atau daya ungkit, yaitu kemampuan untuk membeli sejumlah instrumen dengan dana yang lebih kecil.

Dalam perdagangan berjangka leverage dinyatakan dalam perbandingan, contohnya 1:100.

Sebagai ilustrasi, untuk membeli emas fisik 1 kg, diperlukan dana kurang lebih Rp500 juta.

Dalam transaksi berjangka, untuk memudahkan ilustrasi, Anda bisa menyerahkan uang muka atau margin sebesar 1% dari Rp500 juta, yaitu cukup Rp5 juta saja untuk bertransaksi emas senilai 1 kg.

Lazimnya sebuah bursa, untuk turut serta dalam kegiatan transaksi, seorang investor harus melalui pialang atau broker. Ada banyak pialang yang menyediakan jasa transaksi berjangka (futures).

Namun, Anda harus memastikan pialang tersebut terdaftar secara resmi dan di bawah pengawasan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI).

Tidak hanya itu, pialang yang resmi juga terdaftar sebagai anggota BBJ/BKDI, anggota lembaga Kliring KBI/ICH dan memiliki rekening terpisah (segregated account) - PT RIFAN

Sumber : finansialku

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar