Selasa, 15 Agustus 2023

PT Rifan Financindo - Emas Melanjutkan Penurunan Ke Kerendahan Beberapa Minggu

PT RIFAN FINANCINDO BANDUNG - Harga emas tetap tertekan di dekat level terendah sejak bulan Juni di sekitar $1,906, di tengah bullish-nya dolar AS. Pertaruhan bahwa Federal Reserve akan menaikkan sekali lagi tingkat bunganya terus memberikan dukungan terhadap dolar AS, meskipun pada saat ini indeks dolar AS turun 0.08% ke 102.972, secara keseluruhan dolar AS tetap tangguh.

Dolar AS sempat naik ke atas 103.00 yang menandai penutupan harian tertinggi dalam lebih dari satu bulan. Hal ini digerakkan oleh naiknya yields treasury AS. Dolar AS tetap kuat dengan yields AS terus naik dimana benchmark 10 tahun mendekati 4.20% dan benchmark 2 tahun mendekati 5%.

Penurunan harga emas dibatasi oleh karena adanya kekuatiran akan ekonomi Cina sehingga bisa bertahan di atas $1,900 per troy ons.

Harga emas jatuh pada hari Senin dengan permintaan terhadap dolar AS naik di tengah lingkungan yang enggan terhadap resiko.

Investor memulai minggu yang baru dengan melihat ke Cina dimana raksasa real-estate Country Garden Holdings mengalami kerugian sebesar $7.6 miliar pada paruh pertama tahun 2023. Berita ini memicu ketakutan yang menular dan membangkitkan minat spekulasi terhadap dolar AS yang safe – haven.

Keprihatinan mereda sejenak selama jam perdagangan sesi Eropa namun lanjut kembali menjelang pembukaan perdagangan di bursa saham Wall Street sehingga emas diperdagangkan di kerendahan $1,902 per troy ons, sama dengan ke rendahan pada bulan Juli.

Namun, pada akhirnya, nada yang positip yang ada di Wall Street berhasil menginterupsi rally dolar AS dan membantu emas untuk bangkit dari kerendahan sebelumnya. Keuntungan yang dialami oleh saham – saham AS menekan dolar AS turun sedikit sehingga membantu harga emas naik sedikit.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di $1,900 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,888 dan kemudian $1,879.

“Resistance” terdekat menunggu di $1,922 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,934 dan kemudian $1,944 - PT RIFAN FINANCINDO

Sumber : vibiznews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar