Selasa, 22 Agustus 2023

PT Rifan Financindo - Emas Turun Pertama Kalinya Ke Bawah $1,900

PT RIFAN FINANCINDO BANDUNG - Harga emas bertahan di sekitar $1,889 pada jam perdagangan sesi AS hari Jumat minggu lalu dan membukukan penutupan mingguan terendah di dalam lima bulan.

Naiknya yields obligasi treasury AS dan keprihatinan karena berita-berita yang datang dari Cina memaksa harga emas tetap berada di posisi bawah sepanjang minggu lalu.

Memulai minggu yang baru pada minggu lalu di 1.913, harga emas pada akhir minggu lalu melanjutkan penurunannya secara signifikan menembus ke bawah 1.900 ke 1.889.

Penurunan harga emas terutama disebabkan karena naiknya yield obligasi treasury AS dan indeks dolar AS.

Memulai minggu perdagangan yang baru di 102.689, indeks dolar AS mengakhiri minggu ini dengan kenaikan ke 103.282, meskipun pada hari perdagangan terakhir hari Jumat turun 0.18% karena munculnya data ekonomi AS yang bervariasi. Kenaikan indeks dolar AS secara mingguan disebabkan karena keluarnya risalah pertemuan FOMC the Fed yang hawkish yang menyatakan bahwa para pejabat Federal Reserve prihatin tentang laju inflasi dan mengatakan mungkin lebih banyak kenaikan suku bunga diperlukan di masa depan kecuali jika kondisi berubah.

Selain itu, kondisi perekonomian Cina yang memburuk menekan harga emas turun karena Cina adalah salah satu konsumen emas terbesar di dunia.

China Evergrande Group, developer real-estate nomor dua terbesar di Cina, telah mengajukan perlindungan dari para kreditor di pengadilan kebangkrutan Perusahaan di Cina. Hal ini menambah keprihatinan mengenai mendalamnya krisis sektor properti di Cina dan memburuknya kondisi perekonomian di negara Cina yang memaksa para investor untuk mencari tempat perlindungan yang aman di assets safe – haven dolar AS yang pada gilirannya menekan harga emas turun.

Support & Resistance

Support” terdekat menunggu di $1,881 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,874 dan kemudian $1,863.

Resistance” terdekat menunggu di $1,900 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,911 dan kemudian $1,918 - PT RIFAN FINANCINDO

Sumber : investing

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar