Rabu, 04 Oktober 2023

PT Rifan Financindo Berjangka - Emas Turun Ke Kerendahan Beberapa Bulan

 

PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA BANDUNG - Harga emas mengalami penurunan signifikan, mencapai level terendah sejak awal Maret, di sekitar $1,831 per troy ons selama sesi perdagangan di AS pada hari Senin. Beberapa faktor berkontribusi pada penurunan harga emas:

  1. Penguatan Dolar AS: Indeks dolar AS mengalami peningkatan signifikan, naik sekitar 0,75% ke 106.605 setelah data ekonomi AS yang lebih baik dari perkiraan, termasuk PMI manufaktur bulan September yang menunjukkan peningkatan. Penguatan dolar membuat emas, yang diperdagangkan dalam dolar, lebih mahal bagi investor yang menggunakan mata uang lain.

  2. Kenaikan Yield Obligasi AS: Yield Treasury AS benchmark 10 tahun naik di atas 4,6% pada hari Senin. Ini adalah level tertinggi dalam beberapa waktu. Yield yang tinggi di obligasi pemerintah AS dapat menjadi alternatif yang lebih menarik bagi investor daripada emas, yang tidak menghasilkan bunga atau imbal hasil.

  3. Peningkatan Sentimen Risiko: Meskipun ada kekhawatiran ekonomi global, data PMI manufaktur Cina yang sedikit lebih baik dari perkiraan dan persetujuan undang-undang pendanaan pemerintahan AS telah mendorong minat investor terhadap aset-aset berisiko. Ini mengurangi minat terhadap emas sebagai aset safe haven.

  4. Kebijakan Hawkish Federal Reserve: Federal Reserve AS memberikan indikasi bahwa mereka kemungkinan akan melakukan kenaikan suku bunga sekali lagi hingga akhir tahun. Hal ini membuat emas, yang tidak menghasilkan bunga, kurang menarik sebagai investasi.

Untuk analisis teknis, level support terdekat berada di sekitar $1,820. Jika harga emas terus turun, level berikutnya yang mungkin diuji adalah $1,810 dan kemudian $1,800. Di sisi lain, level resistance terdekat berada di sekitar $1,840, dan jika harga emas berhasil naik, ia dapat menguji $1,855 dan $1,863. Namun, pergerakan harga emas selalu dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor eksternal dan bisa berubah seiring peristiwa-peristiwa berita yang berkembang - PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA

Sumber : vibiznews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar