Selasa, 31 Oktober 2023

PT Rifan Financindo - Harga Emas Berkilau Lampaui US$2.000

PT RIFAN FINANCINDO BANDUNG - Harga emas pada jam perdagangan sesi AS hari Senin turun ke $1,997 dari ketinggian mingguannya di atas $2,000 yang dicapai pada hari Jumat minggu lalu.

Tingginya yields obligasi treasury AS yang didorong oleh prospek kebijakan pengetatan moneter lebih lanjut oleh Federal Reserve AS telah mendukung kenaikan indeks dolar AS dan memicu aksi ambil untung terhadap emas pada hari pertama dari minggu perdagangan yang baru.

Koreksi turun sudah berlangsung sejak jam perdagangan sesi Eropa dan membawa harga emas ke kerendahan harian di sekitar $1,992.

Namun penurunan harga emas kelihatannya ditahan oleh eskalasi di dalam konflik Israel melawan Hamas yang terus membuat terjadinya pembelian safe – haven.

Para traders menahan diri dari menempatkan pertaruhan yang agresif menjelang diselenggarakannya pertemuan kebijakan moneter Federal Reserve AS (the Fed) pada hari Rabu dan pertemuan Bank of England (BoE) pada hari Kamis.

Rilis data Purchasing Manager Index (PMI) manufaktur dan jasa Cina bulan Oktober juga dinantikan oleh investor. Investor sedang mencari signal yang menunjukkan stabilisasi di negara yang merupakan salah satu pengimpor emas terbesar di dunia.

Partisipan pasar terutama tertarik dalam mengukur apakah langkah – langkah dukungan terhadap ekonomi yang diimplimentasikan oleh Beijing telah memberikan sumbangan terhadap membaiknya permintaan emas.

Penurunan harga emas dibatasi dengan meningkatnya keprihatinan mengenai potensi meluasnya konflik di Jalur Gaza antara Israel dan Hamas.

Kurang lebih tiga minggu setelah grup militan Hamas melakukan serangan mendadak yang membunuh lebih dari 1,400 penduduk Israel, militer Israel menggerakkan pasukan daratnya memasuki Gaza.

Israel menghancurkan internet dan alat komunikasi di Jalur Gaza sewaktu membombardir Gaza pada hari Jumat malam sehingga membuat 2,3 juta orang kehilangan kontak satu sama lainnya dan terputus dengan dunia luar sehingga membuat hampir tanpa informasi.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di $1,964 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,952 dan kemudian $1,932.

“Resistance” terdekat menunggu di $1,985 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $2,000 dan kemudian $2,022 - PT RIFAN FINANCINDO

Sumber : vibiznews

Harga emas global berhasil menyentuh level psikologi US$2.000 per troy ounce pada akhir perdagangan pekan lalu. Penguatan logam mulia pun diprediksi akan terus berlanjut. Tim analis Monex Investindo Futures menjelaskan secara teknikal harga emas menunjukkan adanya tanda-tanda untuk bergerak lebih tinggi, setelah pada minggu sebelumnya harga ‘terkurung’ di area rectangle. “Sejak penghujung pekan lalu harga tertinggi $1.996,65 per troy ons telah mampu di-breakout, ini merupakan sinyal bahwa harga berpeluang untuk naik lebih tinggi,” tulis analis Monex dalam risetnya, Senin (30/10/2023), Dengan menggunakan indikator zigzag, kata Monex, outlook kenaikan harga emas juga bisa dilihat dengan kemampuan harga membentuk pola higher high (HH) dan higher low (HL) yang menunjukkan potensi kenaikan lebih lanjut.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul "Harga Emas Hari Ini, 30 Oktober 2023, Berkilau Lampaui US$2.000", Klik selengkapnya di sini: https://market.bisnis.com/read/20231030/235/1709107/harga-emas-hari-ini-30-oktober-2023-berkilau-lampaui-us2000.
Penulis : Farid Firdaus - Bisnis.com


Download aplikasi Bisnis.com terbaru untuk akses lebih cepat dan nyaman di sini:
Android: http://bit.ly/AppsBisniscomPS
iOS: http://bit.ly/AppsBisniscomIOS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar