Kamis, 05 Oktober 2023

Rifan Financindo - Emas Berhasil Naik Ke Teritori Hijau

RIFAN FINANCINDO BANDUNG - Harga emas diperdagangkan untuk pertama kalinya di teritori hijau dalam Sembilan hari trading pada hari Kamis pagi jam perdagangan sesi Asia di sekitar $1,829 per troy ons.

Pergerakan yang positip di dalam sentimen terhadap resiko yang disebabkan oleh beberapa katalisator fundamental menyelamatkan harga emas dari penurunan lebih lanjut untuk sementara waktu dengan pemulihan lebih lanjut kelihatannya masih sebuah bayang-bayang.

Harga emas berhasil menghentikan kerugian selama delapan hari berturut-turut dengan keberhasilan mengkapitalisir kelegaan yang terjadi pada pasar obligasi AS. Meskipun demikian diperlukan sejumlah data ekonomi AS yang baru untuk mendukung pemulihan lebih lanjut.

Treasuries AS mengalami rally keras dengan pasar obligasi diselamatkan oleh karena terjadinya aksi jual sebanyak 5% pada harga minyak mentah. Selain itu, lemahnya angka pekerjaan swasta yang dikeluarkan oleh ADP dan data Purchasing Manager Index (PMI) yang dikeluarkan oleh ISM ikut menyelamatkan pasar obligasi AS.

Data pekerjaan swasta AS yang lebih lemah daripada yang diperkirakan menurunkan ekspektasi kenaikan tingkat bunga Federal Reserve AS pada bulan November sehingga memicu koreksi tajam di dalam yields obligasi treasury AS secara luas, membantu membalikkan pasar obligasi dan harga emas.

Menurut laporan ADP pada hari Rabu, sektor swasta AS hanya menambahkan 89.000 pekerjaan pada bulan September, turun dari revisi kenaikan 180.000 pada bulan Agustus dan jauh di bawah daripada yang diperkirakan sebesar 160.000.

Sementara PMI jasa AS dari ISM turun dari 54.5 ke 53.6 pada bulan September meskipun masih sesuai dengan yang diperkirakan.

Setelah keluarnya data makro ekonomi, pekerjaan sektor swasta dan PMI jasa AS, probabilita the Fed akan menaikan tingkat bunga pada bulan November turun ke 23% dari sebelumnya 31%. Pasar bahkan mulai meragukan mengenai ketangguhan ekonomi AS dan pandangan the Fed mengenai tingkat bunga yang lebih tinggi dalam jangka waktu yang lebih lama.

Dengan latar belakang fundamental di atas, dolar AS memperpanjang koreksinya selama tiga hari terhadap matauang utama dunia lainnya dan diperdagangka di dekat 106.277 sementara yields obligasi treasury AS benchmark 10 tahun turun ke level 4.70%.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di $1,820 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,810 dan kemudian $1,800.

“Resistance” terdekat menunggu di $1,845 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,858 dan kemudian $1,880 - RIFAN FINANCINDO

Sumber : vibiznews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar