Senin, 17 Juli 2023

PT Rifan - Emas Spot Bullish Empat Hari Beruntun, Jatuhnya Dolar Jadi Pemicu

PT RIFAN BANDUNG - Harga emas diperdagangkan di level tertinggi baru satu bulan pada hari Jumat meskipun ada beberapa keraguan dalam momentum bullish. Emas spot telah naik selama empat hari beruntun hingga Kamis (13/07), mencapai sekitar $1.964 selama sesi Asia. Pergerakan ini bukan tanpa keraguan, tapi dengan Simple Moving Average (SMA) 100-day yang memberikan support di atasnya, ada tanda-tanda kenaikan yang diperpanjang dari level terendah tiga setengah bulan di bulan Juni sekitar $1.893.

Mata uang AS yang melemah tampaknya juga menopang emas. Dolar bergerak di dekat level terendah April saat pelaku pasar memperkirakan Federal Reserve akan segera mengakhiri siklus pengetatannya - sebuah langkah yang menambah dorongan bagi harga emas. Investor tampaknya yakin bahwa setelah kenaikan suku bunga sebesar 25 basis poin yang diperkirakan akan terjadi pada bulan Juli, suku bunga akan tetap stabil. Keyakinan ini diperkuat oleh data yang baru saja dirilis yang menunjukkan pertumbuhan harga konsumen lemah di bulan Juni.

Data menunjukkan bahwa inflasi mendingin; Indeks Harga Konsumen (IHK) utama tumbuh hanya 0,2% di bulan Juni sementara inflasi tahunan melambat dari 4% menjadi 3%, menandai kenaikan terkecil sejak Maret tahun lalu. Selain itu, kenaikan inti bulanan merupakan yang terendah sejak Agustus tahun sebelumnya.

Selain itu, ekspektasi kenaikan suku bunga hanya satu kali tahun ini juga menambah bahan bakar untuk emas: Inflasi di tingkat produsen mengalami kenaikan minimal - hanya sekitar 0,1% - bulan lalu, sementara angka bulan Mei direvisi turun yang mengindikasikan angka yang lebih rendah dari data yang dilaporkan sebelumnya.

Namun, komentar hawkish dari Gubernur Fed Christopher Waller telah mengerem lonjakan emas: Waller menyarankan dua kenaikan 25 bps lagi tahun ini dan berpendapat untuk menunda kenaikan pertama hingga rapat berikutnya bulan ini - PT RIFAN

Sumber : investing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar