Selasa, 11 Juli 2023

PT Rifan Financindo - Emas Berhasil Mempertahankan Keuntungan Minggu Lalu

PT RIFAN FINANCINDO BANDUNG - Harga emas pada jam perdagangan sesi AS hari Senin berhasil  mempertahankan keuntungan yang telah diperoleh pada hari Jumat minggu lalu dan diperdagangkan di sekitar $1,925 sementara dolar AS berbalik melemah.

Di tengah absennya rilis data makro ekonomi papan atas, pembukaan bursa Wall Steet yang positip membuat dolar AS kesulitan untuk mempertahankan kekuatannya sehingga menopang harga emas.

Dolar AS juga mengalami kesulitan menemukan permintaan setelah keluarnya survey dari New York Fed menunjukkan penurunan di dalam ekspektasi inflasi satu tahun.

Yield obligasi treasury AS turun tapi masih berada di atas 4%, membuat emas kesulitan untuk meneruskan kenaikannya.

Dolar AS mengalami tekanan jual yang kuat dan kehilangan semua keuntungan mingguannya pada hari Jumat minggu lalu.

Penurunan indeks dolar AS terutama terjadi pada hari perdagangan terakhir hari Jumat karena munculnya data NFP AS yang mengecewakan. Laporan pekerjaan AS menunjukkan bahwa Nonfarm Payrolls (NFP) meleset dari yang diperkirakan.

Ekonomi AS hanya menambah 209.000 pekerjaan baru pada bulan Juni, sementara pasar memperkirakan penambahan sebanyak 225.000 dan pada bulan Mei penambahan adalah sebanyak 306.000, jauh lebih tinggi daripada bulan Juni. Sebagai akibatnya indeks dolar AS pada hari Jumat turun 0.89%, hampir 1%, ke 101.953.

Lemahnya data pekerjaan AS ini membangkitkan keprihatinan bahwa pasar tenaga kerja AS sedang melonggar, memicu investor untuk percaya bahwa the Fed akan menjadi kurang agresif dalam outlook pengetatannya daripada yang diperkirakan sebelumnya.

Pada hari Senin, harga emas berusaha untuk bertahan dalam keuntungan yang telah diperolehnya. Meskipun data inflasi Cina yang rendah telah menyalakan keprihatinan akan pertumbuhan ekonomi Cina.

Producer Price Index (PPI) Cina jatuh untuk bulan ke sembilan berturut-turut, turun 5.4% dari tahun sebelumnya setelah sebelumnya turun 4.6% pada bulan sebelumnya.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di $1,920 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,910 dan kemudian $1,900.

“Resistance” terdekat menunggu di $1,929 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,932 dan kemudian $1,949 - PT RIFAN FINANCINDO

Sumber : vibiznews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar