Senin, 11 Desember 2023

PT Rifan - Emas Tertekan Laporan Pekerjaan AS

PT RIFAN BANDUNG - Harga emas melemah pada jam perdagangan sesi AS hari Jumat minggu lalu, diperdagangkan turun ke $2,004 per troy ons setelah keluarnya laporan pekerjaan AS, Nonfarm Payrolls, bulan November yang menunjukkan bahwa perekonomian AS pada saat sekarang ini masih dalam kondisi bagus.

Angka laporan pekerjaan, Nonfarm Payrolls, AS muncul di 199.000 di atas dari yang diperkirakan di 183.000. Sementara angka tingkat pengangguran turun dari 3.9% ke 3.7%.

Sebagai respon terhadap angka Nonfarm Payrolls yang keluar, indeks dolar AS sempat melompat dan menembus kembali ke atas 104.00, sebelum akhirnya terkoreksi normal turun sedikit ke 103.722.

Menguatnya dolar AS adalah sebagai akibat pasar mengurangi pertaruhan akan cepatnya Federal Reserve memangkas tingkat suku bunganya pada tahun depan. Dengan pasar tenaga kerja masih bertumbuh dan ketat, the Fed memiliki kelegaan untuk tetap mempertahankan tingkat bunga yang tinggi untuk waktu yang lebih lama sepanjang diperlukan untuk membawa turun inflasi kembali ke 2%.

Minggu ini akan menjadi tes yang penting bagi pasar emas dengan Federal Reserve AS yang hawkish akan bisa memberikan tekanan turun terhadap pasar emas yang sudah sensitif setelah jatuh tajam pada hari Senin minggu lalu.

Setelah sempat menyentuh rekor tertinggi sepanjang masa di sekitar $2,150 per ons pada permulaan minggu lalu, harga emas terus turun menuju akhir minggu lalu lebih dari 3%, mengetes support yang kritikal sedikit di atas $2,010 per ons.

Dengan goyangan sebesar $141 pada minggu lalu, pasar emas telah mengalami minggu yang paling tinggi volatilitasnya sejak pertengahan Agutus 2020, pas setelah emas naik mencapai rekor ketinggian sebelumnya.

Emas telah berlari terlalu jauh ke depan mengenai potensi penurunan tingkat bunga the Fed pada tahun 2024, yang akan bisa membuat harga emas tertahan di bawah $2,050 per ons dalam jangka pendek.

Potensi penurunan tingkat bunga the Fed pada bulan Maret tahun depan seperti tersiram air dingin setelah muncul data employment AS pada hari Jumat minggu lalu yang menunjukkan bahwa ekonomi AS berhasil menciptakan 199.000 pekerjaan pada bulan lalu, lebih tinggi daripada yang diperkirakan dan bahkan tingkat pengangguran turun dari 3.9% menjadi 3.7%.

Sementara apa reaksi dari Federal Reserve pada pertemuan kebijakan FOMC minggu ini akan disorot, Bank of England (BoE) dan European Central Bank akan merilis Keputusan kebijakan moneter mereka juga pada minggu ini, dengan pasar memperkirakan ke dua bank sentral utama dunia ini akan tetap mempertahankan tingkat bunganya tidak berubah, dengan tingkat bunga BoE tetap di 5.25% dan tingkat bunga ECB di 3.5%.

Meskipun demikian, para investor masih cemas untuk melihat apakah akan ada pergeseran di dalam kecenderungan pengetatan mereka.

Namun, meskipun harga emas akan harus berjuang pada minggu ini, pasar emas masih di dalam kondisi yang bagus. Meskipun Powell tidak siap untuk menurunkan tingkat bunga pada bulan Maret, melambatnya ekonomi AS berarti tingkat bunga pada akhirnya akan turun dan hal ini akan mendorong harga emas naik.

Harga emas harus bisa bertahan di level support $2,010. Apabila harga emas turun menembus $2,010 maka harga emas akan bisa turun ke $1,980 yang apabila masih tertembus, harga emas bisa terus merosot ke $1,959 per ons.

Menjelang keluarnya keputusan dari para bank sentral utama dunia pada minggu ini, Amerika Serikat akan mempublikasikan Consumer Price Index (CPI) bulan November.

Dan pada akhir minggu, S&P Global akan membukakan perkiraan pendahuluan dari Purchasing Manager Index (PMI) Jasa dan Manufaktur bulan Desember baik untuk ekonomi AS maupun untuk ekonomi Eropa.

Angka inflasi dan pertumbuhan ini akan mengkonfirmasi atau sebaliknya menyangkal perkataan para bank sentral tersebut. Semuanya ini akan menggoncang pasar keuangan dengan para investor sudah menaikkan gigi untuk apa yang mereka percayai sebagai tahun yang menggairahkan pada tahun 2024 yang akan segera datang.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di $1,980 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,959 dan kemudian $1,927.

“Resistance” terdekat menunggu di $2,010 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $2,030 dan kemudian $2,050 - PT RIFAN

Sumber : vibiznews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar