Kamis, 21 Desember 2023

Rifan Financindo - Harga Emas Dunia Loyo Lagi, Saatnya Beli?

RIFAN FINANCINDO BANDUNG - Harga emas turun tipis pada perdagangan Rabu. Para pedagang bersiap untuk serangkaian data ekonomi yang akan dirilis minggu ini yang dapat memberikan petunjuk baru mengenai jalur kebijakan moneter bank sentral AS.

Harga emas dunia di pasar spot turun 0,2% menjadi USD 2.035,97 per ounce, pada pukul 14:27 ET (1927 GMT). Sedangkan harga emas berjangka AS ditutup 0,2% lebih rendah pada USD 2.047,7.

Indeks dolar menguat, membuat emas batangan kurang menarik bagi pembeli luar negeri.

Ahli Strategi Pasar Senior RJO Futures Daniel Pavilonis mengatakan, harga emas seharusnya stabil di atas USD 2.000 dan sebagian besar diperdagangkan lebih tinggi dengan mempertimbangkan risiko geopolitik di pasar, termasuk pemilu AS tahun depan, yang dapat mendorong pengelola keuangan untuk meningkatkan portofolio emas mereka.

Pekan lalu, Federal Reserve AS mengindikasikan fase pengetatan moneternya telah berakhir dan penurunan suku bunga akan terjadi pada tahun 2024.

Presiden Fed Atlanta Raphael Bostic pada hari Selasa mengatakan saat ini tidak ada “urgensi” untuk menurunkan suku bunga AS mengingat kekuatan perekonomian.

Suku bunga AS yang lebih rendah meningkatkan daya tarik emas. Pasar memperkirakan peluang penurunan suku bunga sekitar 79% pada bulan Maret, menurut alat CME FedWatch - RIFAN FINANCINDO

Sumber : liputan6

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar