Kamis, 07 Desember 2023

Rifan Financindo - Bursa Wall Street Rabu Berakhir Turun Tertekan Pelemahan Saham Energi

RIFAN FINANCINDO BANDUNG - Bursa saham AS pada hari Rabu ditutup lebih rendah tertekan pelemahan saham energi yang membebani pasar secara keseluruhan karena harga minyak mentah turun lebih dari -4% ke level terendah dalam 5 bulan. Saham-saham pada awalnya bergerak lebih tinggi setelah peningkatan lapangan kerja ADP November yang lebih kecil dari perkiraan pada bulan November mendukung spekulasi bahwa The Fed telah selesai menaikkan suku bunga dan akan mulai memotongnya tahun depan. Saham-saham juga mendapat dukungan dari laporan yang menunjukkan produktivitas non-pertanian AS pada kuartal ketiga direvisi lebih tinggi dan biaya tenaga kerja pada kuartal ketiga direvisi lebih rendah, yang merupakan faktor dovish bagi kebijakan Fed.

Indeks S&P 500 ditutup turun -0,39%, Indeks Dow Jones Industrials ditutup turun -0,19%, dan Indeks Nasdaq 100 ditutup turun -0,56%.

Selain itu, saham-saham AS mendapatkan dukungan dari reli Euro Stoxx 50 pada hari Rabu ke level tertinggi dalam 16 tahun karena reli saham-saham Eropa di tengah spekulasi bahwa ECB juga akan mulai memangkas suku bunga awal tahun depan.

Di sisi negatifnya, saham-saham energi melemah karena minyak mentah WTI ditutup turun lebih dari -4% pada level terendah dalam 5 bulan. Selain itu, Brown-Forman ditutup turun lebih dari -10% setelah melaporkan EPS Q2 yang lebih lemah dari perkiraan dan memangkas perkiraan penjualan bersih organik setahun penuh. Selain itu, Box Inc. ditutup turun lebih dari -10% setelah melaporkan EPS penyesuaian Q3 yang lebih lemah dari perkiraan dan memangkas perkiraan EPS penyesuaian tahun 2024.

Sisi positifnya untuk saham, Campbell Soup ditutup naik lebih dari +7% setelah melaporkan EPS yang disesuaikan pada Q1 di atas konsensus. Selain itu, saham maskapai penerbangan bergerak lebih tinggi setelah Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA) memperkirakan keuntungan industri penerbangan mencapai $23,5 miliar tahun ini, lebih dari dua kali lipat prediksi yang dibuat pada bulan Juni. Selain itu, SentinelOne ditutup naik lebih dari +16% setelah melaporkan pendapatan Q3 di atas konsensus dan menaikkan perkiraan pendapatan tahun 2024.

Perubahan ketenagakerjaan ADP AS pada bulan November naik +103.000, lebih lemah dari ekspektasi +130.000.

Produktivitas nonpertanian AS pada kuartal ketiga direvisi naik menjadi 5,2% dari 4,7%, lebih baik dari ekspektasi sebesar 4,9% dan merupakan level tertinggi dalam tiga tahun terakhir. Unit biaya tenaga kerja di kuartal ketiga direvisi turun menjadi -1,2% dari yang dilaporkan sebelumnya -0,8%, penurunan yang lebih besar dari ekspektasi -0,9%.

Pasar memperkirakan peluang 1% untuk kenaikan suku bunga +25 bp pada pertemuan FOMC berikutnya pada 12-13 Desember FOMC dan peluang 0% untuk kenaikan suku bunga +25 bp pada pertemuan FOMC berikutnya pada 30-31 Januari 2024.
Pasar kemudian memperkirakan peluang sebesar 70% untuk penurunan suku bunga -25 bp pada pertemuan FOMC tanggal 19-20 Maret 2024 dan lebih dari sepenuhnya memperhitungkan penurunan suku bunga sebesar -25 bp pertemuan FOMC pada tanggal 30 April-Mei.

Imbal hasil obligasi pemerintah AS dan Eropa pada hari Rabu bergerak lebih rendah. Imbal hasil T-note 10-tahun turun ke level terendah dalam 3 bulan di 4,104% dan berakhir turun -3,8 bp pada 4,127%. Imbal hasil obligasi Jerman bertenor 10 tahun turun ke level terendah 6-3/4 bulan di 2,199% dan berakhir turun -4,7 bp di 2,200%. Imbal hasil emas Inggris tenor 10-tahun turun ke level terendah 6-1/2 bulan di 3,941% dan berakhir turun -8,2 bp pada 3,943%.

Brown-Forman (BF/B) ditutup turun lebih dari -10% memimpin pecundang di S&P 500 setelah melaporkan EPS Q2 sebesar 50 sen, lebih lemah dari konsensus sebesar 51 sen, dan memangkas perkiraan penjualan bersih organik setahun penuh menjadi + 3% hingga +5 dari perkiraan sebelumnya sebesar +5% hingga +7%.

Old Dominion Freight Line (ODFL) ditutup turun lebih dari -5% memimpin penurunan di Nasdaq 100 setelah melaporkan jumlah ton per hari kurang dari truk (LTL) bulan November turun -2,3% y/y.

Saham energi dan penyedia layanan energi dijual pada hari Rabu, dengan harga minyak mentah WTI turun lebih dari -4% pada level terendah dalam 5 bulan. Akibatnya, Haliburton (HAL), Marathon Oil (MRO), dan Marathon Petroleum (MPC) ditutup turun lebih dari -3%. Juga, APA Corp (APA), Schlumberger (SLB), Phillips 66 (PSX), Diamondback Energy (FANG), ConocoPhillips (COP), dan Valero Energy (VLO) ditutup turun lebih dari -2%.

Asana (ASAN) ditutup turun lebih dari -16% setelah HSBC menurunkan peringkat sahamnya dari ditahan dengan target harga $18.

Box Inc (BOX) ditutup turun lebih dari -10% setelah melaporkan EPS yang disesuaikan pada Q3 sebesar 36 sen, lebih lemah dari konsensus sebesar 38 sen, dan memangkas perkiraan EPS yang disesuaikan pada tahun 2024 menjadi $142-$1.43 dari perkiraan sebelumnya sebesar $1.46-$1.50, di bawah konsensus $1,49.

Palantir Technologies (PLTR) ditutup turun lebih dari -6% setelah SEC filing menunjukkan presiden dan salah satu pendiri Cohen menjual $13 juta saham pada Jumat dan Senin lalu.

Nvidia (NVDA) ditutup turun lebih dari -2% setelah Advanced Micro Devices mengatakan chip MI300 barunya memiliki memori 2.4 kali lipat dari chip H100 Nvidia dan jauh lebih cepat dalam menjalankan model AI dibandingkan chip Nvidia.

Cboe Global Markets (CBOE) ditutup turun lebih dari -2% setelah melaporkan volume harian rata-rata bursa saham AS pada bulan November turun -10,5% y/y.

Campbell Soup (CPB) ditutup naik lebih dari +7% memimpin peraih keuntungan di S&P 500 setelah melaporkan EPS yang disesuaikan pada Q1 sebesar 91 sen, lebih kuat dari konsensus sebesar 88 sen.

Saham maskapai penerbangan menguat pada hari Rabu setelah Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA) memperkirakan keuntungan industri penerbangan akan mencapai $23,5 miliar tahun ini, lebih dari dua kali lipat prediksi yang dibuat pada bulan Juni. Hasilnya, Delta Air Lines (DAL), United Airlines Holdings (UAL), dan Southwest Airlines (LUV) ditutup naik lebih dari +3%. Selain itu, American Airlines Group (AAL) ditutup naik lebih dari +2%.

CVS Health (CVS) ditutup naik lebih dari +3%, menambah kenaikan +4% pada hari Selasa setelah Bank of America mengatakan panduan CVS untuk pendapatan tahun 2024 telah “secara tepat mengatur ulang ekspektasi pertumbuhan pendapatan dalam jangka menengah.” Selain itu, Walgreens Boots Alliance (WBA) ditutup naik lebih dari +4% memimpin peraih keuntungan di Dow Jones Industrials karena berita tersebut.

SentinelOne (S) ditutup naik lebih dari +16% setelah melaporkan pendapatan Q3 sebesar $164,2 juta, lebih baik dari konsensus sebesar $156 juta, dan meningkatkan perkiraan pendapatan tahun 2024 menjadi $616 juta dari perkiraan sebelumnya sebesar $605 juta, lebih kuat dari konsensus sebesar $605,4 juta.

Avis Budget Group (CAR) ditutup naik lebih dari +2% setelah mengumumkan dividen tunai khusus sebesar $10 per saham.

Citigroup (C) ditutup naik lebih dari +2% setelah dipresentasikan di Konferensi Layanan Keuangan AS Goldman Sachs dan analis mengatakan komentar Citigroup tentang pengeluaran yang lebih rendah untuk tahun 2024 merupakan hal yang bullish untuk saham tersebut.

Toll Brothers (TOL) ditutup naik lebih dari +1% setelah melaporkan pendapatan Q4 sebesar $3,02 miliar, lebih kuat dari konsensus sebesar $2,78 miliar, dan memperkirakan pengiriman rumah pada tahun 2024 antara 9,850-10,350, di atas konsensus 9,705.

Discover Financial Services (DFS) ditutup naik lebih dari +1% setelah Bank of America Global Research mengupgrade sahamnya menjadi beli.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, bursa Wall Street akan mencermati data jobless claim, jika hasil data jobless claim memunculkan sentimen The Fed akan menghentikan kenaikan suku bunga, akan menguatkan bursa Wall Street - RIFAN FINANCINDO BANDUNG

Sumber : vibiznews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar