Rabu, 27 Desember 2023

PT Rifan Financindo Berjangka - EUR/USD Kembali Naik Ke Arah 1.1040

PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA BANDUNG - EUR/USD kembali naik ke arah 1.1040 dan diperdagangkan di sekitar 1.1030, pada sesi perdagangan AS hari Selasa, di tengah perdagangan yang sepi karena liburan Natal.

Setelah terkoreksi normal diperdagangkan turun ke arah 1.1000 di sekitar 1.1020, EUR/USD berhasil naik kembali ke 1.1030 karena data inflasi PCE AS yang lemah pada jam perdagangan sesi AS hari Jumat minggu lalu masih terus memberikan dukungan naik terhadap pasangan matauang EUR/USD.

EUR/USD berhasil mengumpulkan momentum bullish-nya dan naik ke atas 1.1000 pada hari Kamis minggu lalu karena dolar AS berada dalam tekanan bearish setelah keluarnya data ekonomi AS.

Turunnya indeks dolar AS terjadi akibat melemahnya inflasi AS. Setelah keluarnya data inflasi AS sebagaimana dengan yang diukur oleh Personal Consumption Expenditures (PCE) yang lebih rendah daripada yang diperkirakan, dolar AS kesulitan untuk mendapatkan permintaan.

Core PCE price index tahunan turun ke 3.2% dari yang diperkirakan konsensus di 3.3% dan lebih rendah daripada angka sebelumnya pada bulan Oktober di 3.5%. Secara basis bulanan, inflasi ukuran Federal Reserve AS (the Fed) ini naik 0.1% dibandingkan dengan yang diperkirakan di 0.2%.

Pada minggu lalu, indeks dolar AS juga telah tertekan turun dengan keluarnya data GDP AS yang lemah.

Bureau of Economic Analysis (BEA) AS melaporkan laporan perkiraan final yang menunjukkan bahwa ekonomi AS hanya bertumbuh sebesar 4.9% dibandingkan dengan yang diperkirakan dan angka sebelumnya sebesar 5.2%.

Laporan dari BEA AS ini membuat yield obligasi treasury AS turun tajam dan terjadi aksi jual terhadap dolar AS yang sebelumnya telah berada pada posisi di bawah karena naiknya ekspektasi mengenai penurunan tingkat bunga oleh Federal Reserve AS.

Support & Resistance

Support terdekat menunggu di 1.1000 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.0950 dan kemudian 1.0915. “Resistance” terdekat menunggu di 1.1050  yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.1100 dan kemudian 1.1150 - PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA

Sumber : vibiznews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar