Jumat, 22 Desember 2023

Rifan Financindo Berjangka - Bursa Wall Street Kamis Berakhir Naik Setelah Laporan Ekonomi AS Mendukung Penurunan Suku Bunga Fed

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA BANDUNG - Bursa saham AS pada hari Kamis ditutup naik setelah laporan ekonomi AS mengisyaratkan perekonomian melambat, memperkuat ekspektasi penurunan suku bunga Fed tahun depan. Laporan hari Kamis menunjukkan revisi ke bawah pada PDB AS pada kuartal ketiga, penurunan tak terduga dalam survei prospek bisnis Fed Philadelphia bulan Desember, dan berkurangnya tekanan harga, yang semuanya merupakan faktor dovish dalam kebijakan Fed.

Indeks S&P 500 ditutup naik +1.03%, Indeks Dow Jones Industrials ditutup naik +0.87%, dan Indeks Nasdaq 100 ditutup naik +1,23%.

Berita perusahaan yang positif juga mendukung saham pada hari Kamis, dengan Micron Technology menguat lebih dari +8% setelah melaporkan pendapatan Q1 yang lebih baik dari perkiraan dan memperkirakan pendapatan Q2 di atas konsensus. Selain itu, Cintas ditutup naik lebih dari +6% setelah menaikkan perkiraan pendapatan setahun penuhnya.

Klaim pengangguran awal mingguan AS naik +2.000 menjadi 205.000, menunjukkan pasar tenaga kerja yang lebih kuat dibandingkan ekspektasi kenaikan menjadi 215.000. Klaim lanjutan mingguan secara tak terduga turun -1.000 menjadi 1,865 juta, menunjukkan pasar tenaga kerja yang lebih kuat dibandingkan ekspektasi kenaikan menjadi 1,880 juta.

Survei prospek bisnis Fed Philadelphia bulan Desember di AS secara tak terduga turun -4,6 menjadi -10,5, lebih lemah dari ekspektasi kenaikan menjadi -3,0.

PDB AS pada kuartal ketiga direvisi turun sebesar -0,3 poin menjadi 4,9% (kuartalan tahunan), lebih lemah dari ekspektasi sebesar 5,2%, karena konsumsi pribadi pada kuartal ketiga direvisi turun menjadi 3,1% dari yang dilaporkan sebelumnya sebesar 3,6%.

Data inflasi AS pada kuartal ketiga direvisi lebih rendah karena indeks harga PDB kuartal ketiga direvisi lebih rendah menjadi 3,3% dari 3,6%, dan indeks harga PCE inti kuartal ketiga direvisi lebih rendah menjadi 2,0% dari 2,3%.

Indikator-indikator utama AS di bulan November turun -0,5% bulan/bulan, sesuai dengan ekspektasi, dan indikator-indikator tersebut telah menurun selama dua puluh bulan berturut-turut.

Pasar memperkirakan kemungkinan penurunan suku bunga sebesar -25bp sebesar 14% pada pertemuan FOMC berikutnya pada 30-31 Januari dan 94% pada pertemuan berikutnya pada 19-20 Maret.

Imbal hasil obligasi pemerintah AS dan Eropa pada hari Kamis beragam. Imbal hasil T-note 10-tahun turun ke level terendah 4-3/4 bulan di 3,827% namun kembali pulih dan berakhir naik +4,1 bp pada 3,888%. Imbal hasil obligasi Jerman bertenor 10 tahun turun ke level terendah dalam 9 bulan di 1,941% dan berakhir turun -0,7 bp di 1,964%. Imbal hasil emas Inggris tenor 10-tahun turun ke level terendah 8-1/4 bulan di 3,481% namun pulih dan berakhir naik +0,1 bp pada 3,529%.

Dari berita saham, Micron Technology (MU) ditutup naik lebih dari +8% memimpin peraih keuntungan di S&P 500 dan Nasdaq 100 setelah melaporkan pendapatan Q1 sebesar $4,73 miliar, lebih baik dari konsensus sebesar $4,54 miliar, dan memperkirakan pendapatan Q2 sebesar $5,1 miliar-$5,5 miliar, di atas konsensus sebesar $4,99 miliar.

VF Corp (VFC) ditutup naik lebih dari +6% setelah Baird mengatakan mereka terdorong untuk melihat situs web perusahaan tersebut telah kembali ke kemampuan pengiriman normal setelah serangan siber minggu lalu.

Cintas (CTAS) ditutup naik lebih dari +6% setelah menaikkan perkiraan pendapatan setahun penuh menjadi$9,48 miliar-$9,56 miliar dari perkiraan sebelumnya sebesar $9,40 miliar-$9,52 miliar.

Operator kapal pesiar bergerak lebih tinggi pada hari Kamis setelah Carnival melaporkan kerugian per saham yang disesuaikan pada Q4 sebesar -7 sen, kerugian lebih kecil dari ekspektasi -13 sen. Hasilnya, Karnaval (CCL) ditutup naik lebih dari +6%. Norwegia Cruise Line Holdings (NCLH) dan Royal Caribbean Cruises (RCL) ditutup naik lebih dari +5%.

CarMax (KMX) ditutup naik lebih dari +5% setelah melaporkan EPS Q3 sebesar 52 sen, lebih kuat dari konsensus sebesar 42 sen.

Saham-saham chip menguat pada hari Kamis dan mendukung kenaikan di pasar secara keseluruhan. Marvell Technology (MRVL) ditutup naik lebih dari +4%. Selain itu, Advanced Micro Devices (AMD), Globalfoundries (GFS), ASML Holding NV (ASML), ON Semiconductors (ON), dan KLA Corp (KLAC) ditutup naik lebih dari +3%. Selain itu, Intel (INTC) ditutup naik lebih dari +2% memimpin peraih keuntungan di Dow Jones Industrials. Terakhir, NXP Semiconductors NV (NXPI), Applied Materials (AMAT), dan Lam Research (LRCX) ditutup naik lebih dari +2%.

Teknologi Spotify (SPOT) ditutup naik lebih dari +2% setelah Pivotal Research Group mengupgrade saham menjadi beli dari ditahan dengan target harga $265.

Salesforce (CRM) ditutup naik lebih dari +2% setelah Morgan Stanley mengupgrade saham menjadi overweight dari bobot yang sama dengan target harga $350.

Paychex (PAYX) ditutup turun lebih dari -7% memimpin penurunan di S&P 500 dan Nasdaq 100 setelah melaporkan pendapatan Q2 sebesar $1,26 miliar, di bawah konsensus $1,27 miliar.

Westrock (WRK) ditutup turun lebih dari -2% setelah aktivis investor Primestone Capital mengatakan pihaknya memiliki keraguan tentang rencana Smurfit Kappa untuk mengakuisisi Westrock dan mengatakan kesepakatan alternatif dapat menciptakan nilai lebih bagi pemegang saham Smurfit Kappa.

Paramount Global (PARA) ditutup turun lebih dari -2% setelah Axios melaporkan perusahaan sedang dalam pembicaraan dengan Warner Bros Discovery mengenai kemungkinan merger.

Aon Plc (AON) ditutup turun lebih dari -2% setelah Fitch Ratings memangkas prospek peringkat default emiten jangka panjang Aon menjadi negatif dari stabil.

Simon Property Group (SPG) ditutup turun lebih dari -1% setelah Morgan Stanley menurunkan peringkat sahamnya ke bobot yang sama dari kelebihan bobot.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, bursa Wall Street akan mencermati data PCE Price Index November AS, yang jika terealisir turun akan meningkatkan perkiraan The Fed akan menurunkan suku bunga tahun depan - RIFAN FINANCINDO BERJANGKA

Sumber : vibiznews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar