Jumat, 20 Maret 2020

Rifan Financindo Berjangka - Akhirnya Nilai Rupiah Balik Ke Level Krisis 1998

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA BANDUNG - Nilai tukar rupiah terus melemah terhadap dolar AS, rupiah masih turun 1,07% atau berkurang 170 poin di 16.070,0 per dolar AS.

Posisi ini merupakan yang terlemah dalam 22 tahun terakhir. Hal itu juga merupakan rekor terburuk sejak krisis moneter 1998 lalu, aksi jual sebenarnya tidak hanya terjadi di pasar keuangan RI tetapi juga secara global. Namun Indonesia yang merupakan negara emerging market tentunya dianggap lebih berisiko oleh para investor sehingga aksi jual terjadi lebih parah.

Secara year-to-date (YTD) terjadi capital outflow di pasar saham sebesar Rp 9,66 triliun dari data RTI sebut laporan itu. Sementara di pasar obligasi lebih parah lagi, sejak akhir Desember 2019 hingga 17 Maret terjadi outflow sebesar Rp 78,76 triliun, berdasarkan data dari Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risko (DJPPR) Kementerian Keuangan.

Pergerakan rupiah ungkap laporan memang sangat rentan oleh keluar masuknya aliran modal (hot money) sebagai sumber devisa. Sebabnya, pos pendapatan devisa lain yakni transaksi berjalan (current account), belum bisa diandalkan. Sejak tahun 2011 transaksi berjalan RI sudah mengalami defisit. Praktis pasokan valas hanya dari hot money, yang mudah masuk-keluar.

Pelemahan rupiah ini di tengah penguatan mayoritas mata uang Asia. Sementara mayoritas mata uang Asia bergerak menguat hingga pukul 10.45 WIB berdasarkan datan investing.com  Jumat. Yen Jepang naik 0,61%, dolar Hong Kong 0,02%, dolar Singapura 0,06%, dolar Taiwan 0,34%, won Korea Selatan

2,36%, peso Filipina 0,31%, rupee India 0,16%, yuan Tiongkok 0,32%, ringgit Malaysia 0,24%, dan baht Thailand 0,21%, dalam rapat terbatas yang digelar melalui video conference, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat menyampaikan pesan khusus kepada Bank Indonesia (BI), sebagai garda terdepan penjaga stabilitas rupiah. "Saya minta BI fokus jaga stabilitas rupiah dan mempercepat berlakunya ketentuan penggunaan rekening rupiah di dalam negeri - RIFAN FINANCINDO BERJANGKA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar