Senin, 31 Agustus 2020

PT Rifan - Pilihan 5 Macam Investasi Yang Mempertebal Kekayaan, Ingat Jangan Ikut Ikutan


PT RIFAN BANDUNG - Saat ini, begitu banyak ragam produk investasi yang ditawarkan, seperti deposito, emas, properti, saham, reksa dana, peer to peer lending, dan sebagainya. Di samping itu, tidak ada pelaku awam yang akhirnya bingung memilih investasi apa yang akan dilakukan.

Namun, perlu diingat untuk memilih investasi sebaik-baiknya adalah yang sesuai dengan kemampuan dan tujuan keuangan. Langsung menambahkan, investasi bukan hanya ikut-ikutan tren saja.

Melansir dari laman Instagram Pritaghozie, Jakarta, Minggu (30/8/2020), berikut hal-hal yang perlu diimplementasikan dalam ragam pilihan produk agar tidak bingung memilih mana yang tepat sesuai kebutuhan:

1. Logam Mulia

Meski membeli emas dalam bentuk perhiasan masih kecil, namun cukup banyak orang yang kini beralih ke emas batangan. Salah satu alasannya karena saat membeli perhiasan emas, biaya pembuatan akan dibebankan kepada pembeli danbiaya tersebut tidak didapatkan saat menjualnya kembali.

Karakteristik investasi emas sendiri yakni, butuh surat / sertifikat agar aset yang dibeli tersebut memiliki standar, lalu investor menikmati kenaikan modal, waspada terhadap fluktuasi harga, perlunya memperhatikan harga penerimaan pasar saat tiba waktu untuk menjual kembali, dan terakhir butuh penyimpanan yang aman, kecuali kemudian berbentuk emas.

2. Instrumen Pendapatan Tetap

Maksudnya adalah surat utang dengan jangka waktu yang telah ditentukan untuk mendatangi dana secara berkala. Surat utang ini diterbitkan oleh negara maupun oleh korporasi untuk dijual kembali pada masyarakat.

Ketika jatuh tempo pembayaran, penerbit surat utang akan mengembalikan modal awal beserta kupon yang telah ditentukan besarannya.

3. Saham

Saham adalah sertifikat kepemilikan yang membuktikan porsi pemegang pemegang saham. Saham juga saham di Bursa Efek Indonesia.

Saat ini, orang dapat membeli 1 LOT yakni 100 Lembar Saham. Keuntungannya adalah capital gain dari selisih harga beli-jual serta jika saham memberikan dividen tahunan. Dengan pengelolaan yang tepat, saham mampu memberikan tingkat keuntungan yang menarik.

4. Reksa Dana

Merupakan sebuah wadah dan pola pengelolaan dana dari masyarakat pemodal untuk diinvestasikan ke dalam instrumen investasi yang tersedia di pasar modal. Pada reksa dana, harta bersama milik pemodal disimpan dan diadministrasikan oleh Bank Kustodian.

Reksa dana dapat berbentuk perseroan atau kontrak investasi kolektif (KIK). Selain itu, reksa dana juga dapat bersifat terbuka atau pun tertutup.

Jenis-jenis reksa dana yang saat ini tersedia adalah reksa dana pasar uang (money market fund), reksa dana pendapatan tetap (fixed income fund), reksa dana campuran (balance mutual fund), reksa dana saham (equily fund), dan exchange traded fund (ETF).

5. Investasi di Dunia Digital

Investasi online adalah kegiatan penanaman modal untuk mendapatkan profit jangka panjang dengan cara digital melalui teknologi internet. Hal ini menjadi keuntungan tersendiri, terutama bagi generasi milenial yang terbiasa praktis dan tak memiliki banyak waktu luang - PT RIFAN

Sumber :  okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar